Wednesday, March 14, 2007

Aku dan Transportasi di Indonesia

Secara di Indonesia ini dunia transportasi lagi dicoba (hahaha....bahasa 'secara'tu aneh banget ya?)...aku mau cerita soal pengalaman ku sebagai warga Indonesia yang menggunakan transportasi ini.

Aku adalah warga negara Indonesia yang memang bergantung penuh pada satu dunia ini. Yah...soalnya aku emang murni pengguna transportasi di Indonesia, yang nggak punya motor, mobil apalagi pesawat untuk mencapai tempat tujuanku. Jadi...transportasi publik lah andalanku.

Nah...ceritaku yang bermasalah sama transportasi (baik pribadi maupun publik) ini banyak banget. Mulai dari cuman jalan kaki sampe naek pesawat (yang sekarang banyak bikin orang pada parno).

By Sikil (Jalan Kaki)

Heheh...sama transportasi alami yang udah melekat ditubuhku ini aja aku punya banyak masalah. Sempat kepikiran buat diruwat kaya artis2 sinetron itu...tapi ga punya uang. Aku nggak ngerti...jalan kaki aja bisa sering jatuh. Padahal di jalan nggak ada batu, lubang galian, apalagi orang iseng njegal kakiku. Jadi ya gitu, lagi asik2 jalan tiba2 jatuh....padahal yang lain enggak.... Heran....Apalagi kalo nyebrang jalan. Haduh....masa di depan Amplaz, nyebrang di zebra cross, nyaris ditabrak orang sampe diteriakin..."Kalo jalan2 liat2 mbak...!" Hloh...apa nggak liat ya aku nyebrang di ZEBRA CROSS? Kok dia bisa dapet SIM ya?


Sepeda
Pertama naik kendaraan roda dua adalah dengan sepeda (roda dua tentunya, bukan yang roda tiga). Sama kendaraan ini juga pernah punya kasus. Jadi waktu itu kelas 3 ato 4 SD, aku main balapan sepeda sama seupuku (namanya Anto), terus pas daerah turunan, aku nyoba ngerem...tapi nggak bisa...remnya blong...Maka jadilah aku yang seharusnya belok kanan malah lurus melaju sampe nyemplung got (yang nggak ada airnya)...sampe pingsan...dan tulang lututku mengsle... Hmm...apa ini ya yg menyebabkan aku sering jath...lututnya mengsle....Hehehe....

Sepeda Motor
Nah....ini apalagi....Haduh....banyak banget kasusnya. Sampe ibuku nggak khawatir lagi kalo aku jatuh dari motor....sangking kebiasaannya. Jatuhnya juga baik lagi dibonceng ato bawa sendiri. Pertama jatuh, waktu pertama kali pake rok SMP. Kan beda tuh roknya sama SD. Kalo SD berkibar2, kalo SMP rada rok span. Nah, waktu itu mau naik ojek, terpaksa belajar duduk miring (duduk cewek). Eh pantat belum mencapai jok motor, tuh tukang ojek malah udah jalan. Hiyah...jatuhlah aku terbanting. Sakit? Enggak. Malu? Iyaaaa............Trus, pernah juga jatuh waktu pertama belajar motor. Pernah juga pas dibonceng (di perempatan mirota sama di daerah banteng, jakal-jogja). Terus pas bawa sendiri di gentan (nabrak temannya mas agung-sesama pengendara motor), di jakal (depan kos), di jalan padega marta (sampe nyrungsuk antara tembok dan tiang listrik-hahaha...ga usah dibayangin).... Wah...banyak juga ya?

Mobil/Angkot
Dengan kendaraan roda empat ini aku nggak terlalu banyak mengalami masalah. Soalnya numpang mulu. Tapi pernah waktu naek angkot jogja-kaliurang, aku kan mau kuliah (dulu waktu masih kuliah di kaliurang), terus karena penuh aku dapet duduk di depan, di samping supir yang sedang bekerja. Tau apa yang terjadi? Setiap ganti gigi, persnelingnya copot, dan harus dipasang lagi secara manual. Terus bagian dashboardnya tiba2 mengeluarkan asap. Dan kami semua penumpangnya langsung diturunkan. Sereem.....

Bis
Naek bis kota di Jogja? Serasa ikut offroad. Serem. Mentang2 paling besar, jalan seenaknya dewe.
Waktu naek bis antar kota, aku pernah juga punya pengalaman horor. Waktu itu dari jogja mau ke surabaya, naik bis patas "satu", tiba2 di sragen di depan bis ada motor terpental dan sesosok pria terbanting ke aspal....dan mati.... Persisi di depan bis itu. Tapi bukan ditabark oleh bisnya, tapi tabrakan sama truk yang datang dari arah berlawanan. Haduh.....jadi saksi mata malah....

Kereta Api
Waktu itu pertama naek kereta api. Dari surabaya ke Jogja. Naik Bima. Nggak berapa lama dari stasiun madiun, keretanya juga baru berjalan pelan. Tiba2 tuh kereta berhenti. Lama banget. Dari cerita dari penumpang ke penumpang, tersiarlah kabar, bahwa di depan sana, ada kakek2 yang marah2 karena wedhusnya ditabrak tuh kereta. Ya ampyun....macem2 aja....

Kapal Laut
Ini juga. Pertama pulang lebaran dari jogja, naek kapal feri cepat (bukan gunawan) dari surabaya ke balikpapan. Bulan2 pulang kampung tuh kan cuacanya gak bagus yah? Musim hujan. Jadi waktu itu kapal nya terguncang-guncang. Tas berhamburan. Perut jadi mual2. Gitu terus selama 10 jam! Mabookk.................

Pesawat
Yah...ini yang paling mendebarkan. Jadi waktu itu mau pulang lebaran juga. Kalo nggak salah sekitar tahun 2003. Naek maskapai penerbangan Singa Udara itu.... Dari surabaya nya aja udah di delayed lamaaa..........banget. 5 jam! Aku dari jogja jam 6 pagi, nyampe surabaya jam 7 nya. Baru berangkat dari surabayanya jam 12! Mana pas puasa lagi. Di atas, sekitar 30 menit menjelang sampe ke sepinggan-bandara balikpapan, tiba2 pilot mengumumkan "Karena cuaca buruk maka pesawat ini direncanakan akan melakukan pendaratan darurat di Banjarmasin." Hah..... Wah...kondisinya ternyata parah. Pesawat berguncang keras. Bagasi kabin sampe jatuh. Bakpia menggelundung dari atas (duh...oleh2ku...), melihat keluar jendela, awan gelap pekat dan terlihat petir menyambar. Ditambah lagi mbak disampingku pake nangis, dan mengenggam tanganku erat. Dzikir, takbir, tasbih, tahmid, tiba2 berkumandang, jerit anak kecil yang menangis ketakutan, menambah suasana mencekam....Waktu itu aku cuma bisa berdoa. Ya Allah,jika masih kau ijinkan, ijinkan aku untuk tetap beridul fitri di antara keluargaku. Dan syukurlah, Allah masih meridhoi perjalanan kami waktu itu. Pesawat nggakjadi mendarat darurat. Dan kami pun sampai di Balikpapan disambut dengan sisa gerimis.....Alhamdulillah......

Pengalaman2 ku dengan dunia transportasi di Indonesia ini memang menyeramkan. Tapi bagiku, tidak membuatku parno untuk menggunakannya lagi. Yah gimana dong? Kalo ada pintu kemana saja doraemon, baru aku nggak akan menggunakan alat transportasi kali ya?

4 comments:

Anonymous said...

Lha..yg by sikil kok sama? Aku juga heran, jalan sendiri ga ada apa2 kok kdg aku jatuh.

Katanya emg ada tipe2 org tertentu yg rentan celaka ya, Sre? Makanya kdg dlm test masuk kerja kdg ada poin pertimbangan apakah seseorang rentan cilaka ato ga. Hihi...embuh ada beneran ato ga

geka said...

Yang "by sikil" mestinya ditambah, sedang enak2 jalan di trotoar, (trotoar khan buat pejalan kaki) tiba2 ada sepeda motor. Belum lagi kita mesti turun kejalan, karena trotoar nya ketutup sama pedagang kaki 5.

Anonymous said...

seremmmm memang hikss aku juga punya pengalaman yg sama pas naek pesawat mesin nya rusak pa mau take off

Yudasmoro said...

he he he kalo di jakarta, saya lebih suka pake sepeda alias "bike 2 work". lebih sehat dan cepet sampe tujuan. cuman ya itu... mesti bawa perlengkapan mandi buat mandi dikantor dan mesti siap-siap berduel dengan bis kota dan angkot. soale bis kota di jakarta lebih heboh dari gaya nyetirnya sandra bullock di film speed. dan angkotnya,... hmm lebih nggak sopan dari film Borat.