Tuesday, March 13, 2007

Sepuluh Alasan yang Mendorong Pria untuk Menikah

Aku lupa, dimana aku download artikel ini. Yang jelas ada di file artikel ku. Tapi yang jelas, ini bukan murni tulisanku. Alasannya bukan tulisanku, tapi opininya tulisanku. Jadi, maaf buat penulis aslinya ya....

Sepuluh Alasan yang Mendorong Pria untuk Menikah, yaitu:

1. Cinta
Adalah alasan yang paling sering diutarakan dan paling sulit dicari penjelasannya. Cinta bisa langsung muncul pada pandangan pertama dan berlanjut hingga jenjang pernikahan. Umumnya pria yang menikah dengan alasan cinta tidak dapat menjelaskan lebih lanjut. Bagi mereka, pernikahan bukanlah suatu akhir dari suatu proses, namun awal dari sebuah perjalanan hidup.



2. Ingin Memiliki Keluarga
Bagi saya mengejutkan, bahwa alasan mengapa pria memutuskan untuk menikah karena ingin memiliki keluarga yang harmonis dan anak-anak yang lucu-lucu. Tetapi bagi kebanyakan pria, ternyata hal itu adalah cita-cita yang indah. Berkeluarga dan memiliki keluarga juga menjadi sumber ketenangan, dukungan, kehangatan dan pengalaman hidup yang benar-benar baru.

3. Kebersamaan
Kebanyakan pria berharap, dengan pernikahan akan membantu mereka untuk lebih saling mengerti, mendukung, dan memperhatikan satu sama lain selama masa-masa sulit dan masa-masa menyenangkan. Karena itu mereka mencari pasangan hidup yang sudah teruji kualitasnya untuk persyaratan tersebut (cie...)

4. Komitmen
Stereotype bahwa pria itu takut komitmen memang sulit untuk dibantah. Tetapi percaya atau tidak, sebagian besar pria menginginkan untuk menikmati hari tuanya bersama seorang istri!

5. Kepercayaan
Kebanyakan kaum pria memiliki keinginan untuk memiliki seseorang yang bisa mempercayai mereka ataupun sebaliknya, yang bisa mereka percayai. Tempat mereka mengungkapkan segala kekesalan, kemarahan, masalah, sakit hati, bahkan rahasia pribadi tanpa ada rasa takut akan terbongkar.

6. Persamaan Pandangan Hidup
Jika anda memiliki prinsip dan pandangan hidup yang sama dengan pasangan anda, bersiaplah untuk diminta olehnya. Karena banyak pria yang mencari istri yang memiliki pandangan hidup yang sama dengan dirinya. Terlebih jika ternyata diantara anda berdua ada kecocokan dalam hal latar belakang keluarga kedua belah pihak yang mirip.

7. Persahabatan Sejati
Karena pernikahan sesungguhnya adalah menemukan seorang sahabat yang terbaik untuk seumur hidup.

8. Penerimaan Masyarakat
Saya rasa, ini adalah alasan dangkal yang dikemukakan para kaum pria tentang alasannya untuk menikah, hanya karena ingin diterima oleh masyarakat. Mungkin ini berlaku untuk kaum pria yang terlalu lama membujang barangkali. Tetapi pada kenyataannya, banyak orang (termasuk saya) yang merasa lebih aman dan nyaman jika bekerjasama dengan seseorang yang sudah berkeluarga.

9. Kesepian
Sebuah survei menyimpulkan bahwa pria 2 kali lebih banyak mengungkapkan alasan tidak ingin kesepian sebagai alasan untk menikah dibandingkan wanita. Karena sebanyak apapun aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh pria, tetap lebih menyenangkan jika ada seseorang yang menantinya di rumah dibandingkan sendirian.

10. Merasa Bertanggungjawab
Saya paling tidak suka mendengar alasan ini. Menikah karena merasa perlu bertanggungjawab kepada pasangannya yang hamil lebih dahulu. Lain jika alasannya adalah ingin belajar bertanggungjawab. Pernikahan yang didasarkan perasaan harus bertanggungjawab ini biasanya tidak langgeng dan banyak rintangan. Karena yang mendasari pernikahan ini adalah perasaan bersalah dan nafsu belaka.

Mas-mas pria (yah...mana ada mas-mas wanita...) di sana....benarkah ke sepuluh alasan tersebut?

2 comments:

Anonymous said...

2,3,4 mgk itu alasan yg mendasariku utk membina rumah tangga srek.

Anonymous said...

Hmmm...itu yah alasan cowok..tapi mbak kalo cowok yang pengen nikah biar dapet harta istrinya juga adakan....hehehe....biasanya tuh yang diincar janda2..kaya yang kesepian..kayak sinetron2 gitu mbak...