Tuesday, May 06, 2008

My Sister Keeper (Book)



Selama tiga belas tahun hidupnya, Anna Fitzgerald harus hidup demi menyokong hidup kakaknya, Kate Fitzegerald. Kate didiagnosis menderita Leukimia sejak usia Kate 2 tahun. Ketika lahir, Anna menyumbangkan darah dari tali pusarnya untuk pengobatan Kate. Dan entah berapa banyak lagi darah yang disumbangkan Anna buat Kate. Anna juga yang mendonorkan sumsum tulang belakangnya bagi Kate. Kenapa? Karena Anna memang dibentuk untuk menolong Kate. Kedua orangtuanya memprogram agar Anna bisa lahir dengan DNA yang persis sama dengan Kate. Tanpa Kate, Anna bukan siapa-siapa.

Hingga sampai usia 13 tahun, Anna akhirnya menuntut kedua orangtuanya secara hukum, atas hak penuh atas tubuhnya secara medis. Anna tidak mau mendonorkan ginjalnya untuk Kate. Anna merasa sudah cukup. Keputusannya ternyata bukan murni keinginannya. Keputusannya merupakan permintaan Kate, yang ingin menyudahi semua penderitaannya dan penderitaan adik perempuannya.

Buku karangan Jodi Picoult ini luar biasa mengagumkan. Akhir yang dibuat Jodi sungguh tragis. Semua diluar dugaan. Anti klimaks yang nggak terpikir sebelumnya. Banyak istilah medis mengenai Leukimia di buku ini. Tapi tenang, ada beberapa penjelasan mengenai hal itu. Buku ini layak dibaca.

Mengenai Buku ini:
Judul : My Sister Keeper (Penyelamat Kakakku)
Penulis : Jodi Picoult
Bahasa : Indonesia
Tahun Terbit : 2008
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Ukuran : 13,5 x 20 cm
Tebal : 528 halaman
Harga : Rp. 52.000,00

No comments: