Sunday, April 20, 2008

Juno (Movie, 2007)


Telat gak sih buat ngereview film ini? Enggak ya? Habis, akhirnya bisa nonton juga setelah ngantri dvd nya. Film pemenang Academy Award ke 80 dalam kategori Best Original Screenplay ini berkisah tentang Juno McGouff (Ellen Page) yang hamil dengan sahabat masa kecilnya Paulie Bleeker/Bleek (Michael Cera) di saat usianya masih 16 tahun. Mengetahui dirinya hamil setelah melakukan hubungan sex pertamanya itu membuatnya cukup bingung. Well, cara Juno menghadapi kehamilannya di usia muda ini cukup keren. Pertama kali dia tahu, Juno ingin menggugurkannya. Tapi mengetahui bahwa bayi yang dikandungnya mungkin saja sudah punya kuku tangan (hahaha...konyol) Juno pun mengurungkan niatnya. Dibandingkan menggugurkannya, dia memilih untuk melahirkannya namun mencari orang tua angkat buat anaknya.

Juno pun mau tak mau harus mengakui masalah ini kepada orang tuanya dan menyampaikan idenya untuk mencari ortu angkat buat anaknya. Untung, ayah dan ibu tirinya bisa menerima (walaupun kaget juga untuk pertama kalinya) dan membantu Juno untuk mengurusi masalah adopsi ini.

Cerita mengalir, Juno bertemu dengan pasangan Mark dan Vanessa Loring (Jason Bateman dan Jennifer Garner) yang luar biasa kaya untuk membahas masalah anaknya. Juno selalu memberi tahu perkembangan bayinya kepada pasangan ini. Namun setelah kehamilannya membesar, Juno harus mengetahui bahwa anaknya kelak tidak akan mempunyai keluarga yang utuh. Mark dan Vanessa memutuskan untuk berpisah, karena Mark belum siap menjadi ayah. Juno kecewa. Belum lagi ia mengetahui bahwa Bleek (sahabatnya) tidak mengajaknya ke Prom (yah....dengan perut besar itu.....) tetapi malah mengajak gadis lain. Juno seperti mulai menyadari, bahwa ia jatuh cinta pada Bleek.

Wah, film ini cukup unik. Walopun gosipnya film ini nyontek film korea, tapi film ini emang unik kok. Gak banyak film Amerika yang ngangkat tema ini. Terutama masalah aborsinya. Ada beberapa hal positif dan unik dari film ini. Yang pertama soundtracknya. Ya ampuun.... keren. Oke, musiknya emang terdengar konyol ato aneh. Tapi liriknya itu loh, simple dan ngena banget. Sangat pas buat Juno. Yang kedua, reaksi ayah dan ibu tiri Juno saat Juno mengakui bahwa ia hamil. Sang ayah kaget, tapi gak marah. Setelah banyak bertanya (seperti siapa ayah bayi itu dan bla bla bla) ia malah memutuskan untuk menemani Juno menemui pasangan Loring, biar gak ketipu. Ibu tirinya juga gitu, sebelumnya ia memang bertanya, apa Juno mau memikirkan alternatif lain (aborsi). Tetapi ketika Juno memutuskan untuk memutuskan untuk mempertahankannya, ia pun mulai menyusun makanan apa yang sehat, membuat janji dengan dokter, dan lain-lain. Setelah Juno pergi, ayahnya lalu bertanya kepada istrinya. "apa ini salahku? sehingga dia berbuat seperti ini?" Waw...harusnya emang begini. Ortu kalo tahu anaknya hamil diluar nikah, jangan ngamuk dulu, tapi introspeksi, jangan-jangan ini salah mereka, sampe anaknya hamil diluar nikah. Bravo Juno..... Berani berbuat, berani bertanggung jawab, berani menerima resiko.....

Satu lagi yang mebuat terharu, waktu Juno akhirnya mengakui bahwa ia mencintai Bleek. Dia bilang gini,
Kamu satu-satunya orang yang selalu menatap wajahku disaat orang lain terus-terusan menatap perutku. Aku rasa aku benar-benar mencintaimu. Mungkin karena itu, tiap aku menatap wajahmu, bayi ini selalu menendangku.

Oh, so sweet....... Belum lagi waktu habis melahirkan, Juno menangis di pelukan Bleek, karena akhirnya berpisah dengan bayinya. Well, Juno sudah merasa jadi ibu.......

Overall, film ini keren. Tidak menyarankan untuk hamil/menghamili orang diluar nikah ya? tapi menyarankan untuk menonton film ini. At least, ambil lirik2 lagunya buat ngerayu cewek. Hahahaha..... Two thumbs up buat film ini.

Info film ini, bisa klik di sini.

3 comments:

Anonymous said...

Hehe,bumil jd ngelus2 perut baca reviewnya.

Hamil dg bersuami aja dah berat (berat di perut,hehe),apalagi kyk si Juno plus seabreg kisah dg pacar,ortu,bayi,n calon ortu angkat. Jd jgn nyoba2 ya,girls! :P

Anonymous said...

i assumed Juno was directed by the same guy that directed Knocked Up, because it's about unexpected pregnancy and Michael Cera stars as Juno's boyfriend (he was in Superbad, a close relative of Knocked Up).

menjadikosong said...

film penuh inspirasi dan menggugah