Thursday, June 14, 2007

Balada Pejalan Kaki

Apa enaknya jalan Kaki?
Jawabku: Enak...soalnya selain sehat, kalo jalan kaki itu bisa ngelihat hal2 unik yang mungkin nggak bisa kamu lihat ketika kamu naik motor atau mobil, apalagi pesawat! Hehehe...

Terus, sebagai pejalan kaki, apa nggak enaknya?
Jawabku: Banyak!

Menjadi pejalan kaki di jogja adalah hal yang paling tidak nyaman. Sori buat orang jogja, tapi inilah yang aku rasakan. Coba, dimana salahnya, ketika aku nyebrang di Zebra Cross, tapi di klaksonin orang, sambil teriak, "Woy, kalo jalan lihat2 dong?" *Aku: Hah?*

Terus, pas kamu asik2 jalan di TROTOAR...tau trotoar apa fungsinya kan? Eh tiba2 ada mobil klakson2 dari depan dan memintamu untuk turun dari trotoar karena mobil mewah itu ingin PARKIR di trotoar tempat aku sedang berjalan...WHAT????

Apa juga yang kamu rasakan, saat berjalan kaki, berlari kecil, dan kamu sedang kehujanan, sambil berpayung ria, tiba-tiba sebuah mobil/motor lewat dengan kencang disebelahmu, dan PYARRRRR.......genangan air hujan di jalan raya pun mendarat dengan indahnya di dirimu yang sudah kebyes....GRRRRR........

Gimana rasanya, kamu lagi nyebrang jalan (terutama jalan kaliurang), baru setengah jalan, kamu tidak bisa menyebrang, karena ramenya kendaraan yang lalu lalang, tidak memberi kesempatan kamu menyebrang, malah marah2 sambil bunyiin klakson, dan memintamu untuk segera menyebrang? ORANG GILA!!!

Aku nggak tahu, apakah kalian pernah merasakannya. Di Balikpapan, aku jarang merasakannya. Disana pejalan kaki dilindungi oleh Undang-Undang. Disana aku bisa menyebrang jalan dengan tenang. Walopun fungsi trotoar disana juga sudah beralih fungsi, setidaknya menjadi pejalan kaki di Balikpapan tidak terlalu merisaukan (apalagi jalan kaki di pagi hari diiringi angin laut yang sepoi2...).

Tolong segera buat UU Hak Pejalan Kaki.
Dan tolong buat kalian semua, hormati kami para pejalan kaki.....

1 comment:

Anonymous said...

Pernah ngerasain semua ituuuhh

Dan tentu aja jawabku : SETUJUH! (hah? ga mutu banget komennya)