Friday, December 05, 2008

Twilight (Movie, 2008)



Udah kena demam Twilight nih. Heboh promosi dimana-mana, bikin jadi penasaran. Pengen nonton.

Waktu novel nya terbit dulu, sempet banget pengen beli dan baca. Tapi ketunda-tunda mulu sampe akhirnya emang nggak kebaca. Eh tau-tau udah nongol aja filmnya. Maka jadilah aku nonton Twilight TANPA membaca dulu bukunya.

Dan akhirnya barusan aja nonton film nya. Ditemenin futsu-chan yang udah baca bukunya (buat teman nanya-nanya) dengan dadakan langsung nonton yang jam 11 siang (yang isi theater nya 90% cewek). Satu setengah jam terlewati dengan alur nonton film yang pas banget. Dimulai dari fase masih nggak ngeh-> mulai dong-mulai tertarik -> deg-degan -> klimaks -> turun pelan-pelan -> happy ending (sementara, karena masih ada tiga buku lagi).

Review pribadi, ni film bagus. Biasa saat film yang dinantikan muncul gak 100% penonton bakal bilang, "ASLI, TOP ABISSS....", apalagi buat film yang diangkat dari novel. Pasti banyak aja keluh kesah nya ato bahkan puja puji nya. Nah, buat diriku yang belum baca bukunya, asik-asik aja nontonnya tuh.

Kureview dikit kekurangan dan kelebihannya ya (be careful, SPOILER ALERT):

Dari segi seting, no doubt, asli bagus banget. View ala British land or Eire Land ternyata ada di Amrik. Hutan, gunung, bukit, dan danau nya diambil dengan sangat indah (9/10).

Terus scoring sound nya pas banget (aku dan futsu sepakat soal ini). Adegan sama sound yang muncul pas banget. Yang bikin deg-degan sampe merinding ada juga. Bahkan sempat ada sound yang bener-bener berasa muncul dari belakang kita (yang adegannya juga begitu), jadi berasa seolah-olah kita dikejar vampir beneran. Seru (10/10).

Kalo cerita nya, bagus lah sebagai orang yang belum baca novelnya. Bahasa verbal plus visual jelas lebih enak dinikmati ketimbang visual doang (alias baca buku aja). Jalan ceritanya jadi lebih runtut dan bisa dinikmati. Walo ada scene yang aku rasa terlalu cepat (bahasa itali nya, mak gedunduk gitu), yang secara logis terasa "kok tau-tau gitu ya?. Paling suka scene main baseball ala Cullen's family, hooooo...gak kalah heboh sama Quidditch nya HP. Juga adegan first date nya Bella dan Edward. Gabungan kencan ala spiderman dan superman tuh. Diajak terbang en manjat pohon, yang berakhir pemandangan indah dari puncak pohon pinus (cuma Edward yang ngajak cewek nge date pertama di puncak pohon pinus. Hehehehe....) Adegan kelahi antara Edward dan James juga keren banget (9/10).

Dari segi akting Chemistry antara Robert Pattinson (Edward Cullen) dengan Kristen Stewart (Bella Swan) yang katanya kurang emang kurang terlihat di sini. Tapi kalo dari point of view aku, malah terasa pas. Edward itu vampir. Berumur hampir 100 tahun. Dan menurut Edward, dia baru merasakan ketertarikan teramat sangat pada perempuan ya saat bersama Bella. Jadi, wajar kalo dia kikuk dan kaku begitu. Cinta Edward pada Bella emang nggak terlihat dalam sentuhan, tatap mata, gandengan, ato bahasa tubuh. Tapi lewat tindakan dan kata-kata. Yah, sedikit mengingatkan pada cinta Tao Ming Tse dan San Chai di Meteor Garden (lho?). Iya, tipe yang ceweknya diganggu dikit, hajar! But so gentleman. Romantic quote yang keluar dari mulut Edward dan Bella sesungguhnya adalah chemistry cinta mereka. contoh nya:

Edward : "Aren't you afraid of me?"
Bella : "I'm only afraid of losing you"

Edward : "...like i don't have anywhere else to go...."
Bella : "Then don't go"

Aw aw aw...

Seperti biasa di setiap film pasti ada second best nya. Di Twilight, entah kenapa tertarik sama tokoh Jasper Hale yang diperankan sama Jackson Rathbone. Lucu aja liat aktingnya sebagai vampir vegetarian baru. Agak-agak belum bisa nahan kontrol pas lihat Bella, pengen gigit aja. Nggak kalah imut sama R-Patz (9/10).

Akhirnya... secara keseluruhan, nilai film ini 9.25/10 alias bagus buat ditonton. Nggak heran banyak cewek-cewek yang mulai ngidolain Pattinson sampe rela digigit. He's worth a man ups...vampire i mean. Hahahaha.....

Fun fact: Peran Edward Cullen pertama bakal dikasih ke dia, Henry Cavill



Tapi akhirnya Meyers (the author) ngerasa cocok banget sama Robert Pattinson,


Mana yang lebih cocok jadi vampire menurutmu?

3 comments:

anggit k.p. said...

Yup, stuju bgt. Adegan maen baseball (dgn Supermassive Blackhole by Muse yg jd backsoundnya) 'n adegan first date-nya Bella 'n Edward mang asyik bgt.
1 lg, obrolan Bella 'n Edward di rmh skt jg keren.

Pertanyaannya ga bs diganti ya? "Siapa yg lebih cocok utk jd cowkku?", hahaha....

Thx ya dah mau dititipin beli tiket;)
Tp kalo ada yg berminat ngajakin aku nonton lg aku mau nemenin kok....

FYI: soundtrack-nya jg keren2: LP, Paramore, Muse, some orchestra musics.

Ozzie. said...

busyet, gw kemana ajah yah...

....

GeeNa said...

walah,walah. gmn mo ngasi komen. nntn aja blom. blom bkn krn ga niat (mlh niat bgt) tp krn blom ada d bioskop. bete'in kan.

ya biasalah, klo yg da bc bukuny sm yg lgsg nntn filmnya (tanpa bc bukuny). ya kyk kmu nntn harry potter kan. scr gitu, kmu da bc bukuny duluan br nntn filmny. byk kecewany drpd puasny (ya kan!).
eh aq bru tau ada bhs itali 'mak gedunduk'. apaan tu artiny, hehehe (aq ngerti koq apa mksudmu).

mnrtku mmg lbh cocok dkasi k Robert Pattinson dbandingin Henry Cavill. bkn krn aktingny (aq blom nntn akting ke-2nya,kcuali sbg Cedric Diggory) tp dliat dr fisiknya. gak tau, pokokny pas aja klo yg jd vampire tu Robert Pattinson. yah walopun aq sendiri ga tau tampang asli dr vampir2 inggris. blom prnh dgigit siy sm vampire. ya krn Henry Cavill nganggur ga jd vampire, lbh baik aq temenin aja deh,hehehe.